10 Tips Mengirimkan Hampers Natal agar Lebih Aman Sampai Tujuan

4 menit membaca
Pilihlah Lokasoka untuk penyediaan hampers Natal yang aman dan cepat
Pilihlah Lokasoka untuk penyediaan hampers Natal yang aman dan cepat (Sumber: Canva)

Tips-tips mengirimkan hampers Natal ini bukan hanya bagi Anda yang memiliki toko perlengkapan. Tetapi juga bagi Anda secara individu yang ingin mengirimkan hampers kepada kerabat yang tinggal di luar kota bahkan luar negeri. Hal yang harus diperhatikan salah satunya kualitas barangnya serta perlengkapan yang diperlukan seperti bubble wrap dan stiker peringatan khusus.

Namun juga masih banyak yang bingung ingin memberikan hadiah Natal apa. Maka artikel berikut disarankan bagi Anda: 20 Inspirasi Memilih Kado Natal untuk Keluarga dan Sahabat, Simpel Namun Berkesan. Sebelum membahas rekomendasinya, Anda perlu membaca tips-tipsnya agar lebih berpengetahuan terkait ini.

Jika Anda tidak menerapkan tips-tips menjaga hampers Natal ini, maka ada kemungkinan produk yang Anda kirimkan akan mengalami kerusakan. Meskipun produk Anda bisa rusak ketika dalam perjalanan akibat jenis transportasi maupun penanganan dari pihak kurir, setidaknya Anda sudah mengemas dengan sangat baik. Pastikan untuk memilih kurir yang terpercaya dan memiliki review bagus.

5 Hal yang Harus Diperhatikan agar Hampers Natal Lebih Aman

Bungkus berlapis hadiah Natal Anda di Lokasoka, bisa dapat pelayanan istimewa (Sumber: Unsplash)

1. Kualitas Barang

Memastikan kualitas barang isian hampers adalah hal utama yang harus Anda perhatikan sebelum mengemas dan mengirimkan hampers Natal tersebut, jangan sampai abai karena kualitas hampers Anda kenjadi penentu dari seberapa perhatian Anda kepada penerima. Cek kelayakan atau tanggal kadaluarsa agar hampers Anda tidak dikira sedang dijadikan konten prank, jika sudah begitu penerima akan kurang mempercayai Anda.

2. Pengemasan

Keamanan hampers harus diperhatikan dari bagaimana mengemas barang tersebut agar ketika mengirimkan hampers Natal menjadi lebih aman, pengemasan yang baik pun dapat menghindari isian hampers jatuh tercecer ketika sedang dalam perjalanan. Anda bisa mengamankan paket hampers Anda dengan cara pengemasan paling sederhana dan baik, yaitu dengan menggunakan kardus bekas yang masih layak pakai kemudian bungkus seluruh permukaannya dengan lakban.

3. Pastikan Tidak Sepaket dengan Benda Tajam

Selain dari sisi keamanan penerima ketika membuka hampers pemberian Anda, atau kala kurir membawa paket Anda menuju lokasi penerima, memastikan tidak adanya barang tajam dalam paket dapat menjaga kualitas barang agar tidak rusak ketika sudah mengirimkan hampers Natal tersebut. Anda bisa menggunakan detektor metal jika hampers sudah keburu dikemas, jadi Anda tidak perlu lelah membongkarnya kembali.

4. Alergi dan Diet Khusus

Jangan sampai isi hampers yang Anda kirimkan dapat memicu alergi yang malah membahayakan penerima hampers Anda, sebaiknya sebelum memberi kejutan, Anda bisa menanyakan kepada orang yang mengenal baik penerima hampers Anda terkait beberapa riwayat kesehatan dan kemungkinan alergi. Sesuaikan juga apakah penerima hampers sedang menjalani diet ketat sehingga Anda tidak salah memberi hampers, agar nantinya Anda tidak disalahi ketika si penerima gagal menjalani dietnya.

5. Kehigienisan

Pastikan isian hampers dan bungkusannya dalam keadaan steril dan bersih dari debu dan kotoran lain agar isian hampers tetap higienis sampai ke tujuan, hindari juga barang dengan bau berlebih dari hampers yang hendak Anda kirim. Sebelum membungkusnya dengan bubble wrap atau kardus, pastikan kerapihan pembungkus isian hampers sebelum mengirimkan hampers Natal Anda, agar menghindari dari merembesnya air hujan atau terik matahari langsung.

5 Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan agar Hampers Natal Lebih Aman

Barang yang Anda pesan di Lokasoka mendapatkan jaminan keamanan, pesan hampers sekarang juga (Sumber: Unsplash)

1. Bubble Wrap

Pembungkus gelembung tentu merupakan perlengkapan yang wajib Anda butuhkan agar bisa menjaga hampers tidak rusak akibat tertindih paket lain ketika sedang dikirim kurir. Sebelum mengirimkan hampers Natal, ada baiknya membungkus hampers Natal Anda dengan bubble wrap dua-tiga lapis, atau bagian isiannya selapis saja, baru kemudian memasukannya ke dalam kardus sesuai ukuran hampers yang akan Anda kirim.

2. Stiker Peringatan

Kadang pengirim barang tidak selalu memastikan satu persatu barang apa saja yang dikirim melalui jasa mereka karena mereka harus melayani beratus paket dalam satu kali perjalanan, hampers yang rapuh pun mempunyai risiko kerusakan karena tidak diperlakukan dengan baik. Menempelkan stiker peringatan seperti “Jangan Dibanting!” atau “Barang Rapuh” dapat membuat jasa pengirim lebih berhati-hati ketika membawakan hampers Natal Anda, pasang stiker tersebut di sisi-sisi yang akan sering dilihat oleh kurir.

3. Gunakan Jasa Pengiriman Terpercaya

Setelah paket siap dari pengemasannya, dan higienis serta memiliki kualitas baik, Anda bisa mulai mengirimkan hampers Natal Anda ke tujuan, tapi hal selanjutnya yang harus Anda cari tahu adalah jasa pengiriman terpercaya. Hindari risiko tertipu dari harga yang tidak sesuai atau pembegalan isi hampers Anda, Anda juga harus memastikan jasa kurir tersebut menyediakan paket pelayanan cepat jika Anda hendak mengirimkan hampers Natal berupa makanan.

4. Tulis Alamat dengan Jelas

Langkah selanjutnya yang harus Anda persiapkan adalah menuliskan alamat penerima dengan jelas, jika si penerima tinggal di dalam gang, jangan malas menuliskan detailnya. Tulis alamat dengan tulisan yang jelas, tegas, dan terperinci tanpa perlu menambah ornamen hiasan seperti gambar bunga dan matahari agar jasa pengirim tidak kebingungan ketika membaca tujuan hampers Anda, jika perlu, gunakan spidol permanen agar tulisan alamat tidak mudah luntur.

5. Cantumkan Nomor Telepon

Selain menuliskan alamat, akan sangat bagus jika Anda juga mencantumkan nomor telepon penerima dan nomor telepon Anda, dengan mencantumkan nomor telepon pada paket hampers Anda bisa lebih memudahkan kurir ketika mengirimkan hamper Natal Anda ke tujuan, atau menanyakan alamat kalau si penerima tinggal di tempat yang cukup sulit terjangkau. Mencantumkan nomor telepon kurir dapat memberi kabar sudah sampai mana paket hampers tersebut.

Demikianlah artikel tentang tips-tips mengirimkan hampers Natal. Baca artikel lainnya tentang Natal berikut ini: 25 Ucapan Natal 2023 yang Penuh Warna untuk Keluarga dan Orang Terdekat. Bukan hanya ucapan Natal, Anda juga mendapat rekomendasi kado menarik. Selamat membaca!

Baca juga:  Ide Kemasan Produk Ramah Lingkungan yang Baik untuk Bisnismu
Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat