Tim Lokasoka Menghadiri Bootcamp Start-Up Program PRIMESteP x Asian Development Bank x STP IPB University 2023

4 menit membaca
Bootcamp 14 Start-Up Tenant PRIMESTeP, Salah Satunya Lokasoka
Bootcamp 14 Start-Up Tenant PRIMESTeP, Salah Satunya Lokasoka

Tim Lokasoka pada tanggal 10-12 Agustus 2023 lalu menghadiri bootcamp start-up sebagai salah satu tenant PRIMESTeP 2023. Acara ini bertempat di IPB International Convention Center, Bogor dan dilaksanakan oleh Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST)/Science Techno Park (STP) IPB University. Sekitar 14 tenant mengikuti acara dari awal hingga akhir dengan mengirimkan dua perwakilan pada setiap sesi bootcamp tersebut.

8 sesi dibawakan oleh para pembicara yang berkredibel dengan materi yang berkualitas. Artikel ini akan merangkum materi setiap sesi yang ada. Di bagian akhir artikel akan menggambarkan rencana-rencana platform Lokasoka ke depannya untuk terus berkontribusi dalam bidang sosial bahkan bidang lingkungan.

Sesi 1 HIngga Sesi 8 Bootcamp

Sesi 1 dan Sesi 2 Bootcamp Start-Up ADB x PRIMESTeP x STP IPB University
Sesi 1 dan Sesi 2 Bootcamp Start-Up ADB x PRIMESTeP x STP IPB University

Sesi 1: Motivasi Bisnis dengan narasumber Dedy Syahrul (PT Solusi Berkah Sinergi) membahas mindset, vision, identity, value, dan capability. 5 hal tersebut penting dimiliki oleh setiap wirausahawan. Perwakilan dari Lokasoka untuk kegiatan bootcamp ini yaitu CEO, Business Analyst, SEO/SEM Specialist, Creative Writer Officer, Content Creator, Accounting Finance Lead, dan Finance Accounting.

Sesi 2: Product Branding dengan narasumber Iqbal Hariyadi (Kitabisa.com) membahas 5 framework marketing dan case study. Framework tersebut di antaranya: 1) selalu gunakan mindset Minimum Viable Product; 2) gunakan pendekatan Audience-Centric; 3) buat produk yang menyelesaikan masalah user; 4) jadikan user sebagai hero dalam kontenmu; dan 5) biasanya untuk Experiment, Iterate, & Scale.

Sesi 3 tentang Strategi Ekspor Produk diisi oleh Dua Pembicara dari Mister Exportir

Sesi 3: Strategi Ekspor Produk dengan narasumber Syahda Maulana Triyanto dan Naufal Idzaki (Mister Exportir) membahas peluang dan tantangan ekspor serta menginspirasi semua start-up untuk scale up dengan cara mulai mengekspor ke luar negeri. Selain itu disampaikan mengenai jenis-jenis harga ekspor sesuai ketentuan agar tidak kena tipu oleh buyer. Dari sesi tanya jawab, tampak banyak start-up yang tertarik namun masih bingung untuk memulainya dari mana.

Baca juga:  Lokasoka sebagai Tenant Inovatif dalam Acara Orasi Ilmiah Presiden Joko Widodo di IPB University

Sesi 4: Strategi Marketing yang Jitu dengan narasumber As Ad Ali (AyoIklan.com) membahas mengenai strategi-strategi dalam pemasaran khususnya melalui media digital. Sesi 5: Sistem Manajemen Keuangan Start-Up dengan narasumber Ismail Zahir (Zahir Accounting). Sesi 6: Valuasi Bisnis dan Strategi Pendanaan Series Start-Up dengan narasumber Assaduddin Abdullah (Sekolah Bisnis IPB). Sesi 7: Collaborative skills dan Team Building dengan narasumber Erry Ismail (Asia Coach). Sesi 8: Mastering the Art of Pitching dengan narasumber Andreas Senjaya (Founder Plus).

Melalui bootcamp kemarin juga dibagikan para pendamping, mentor, maupun coach kepada 14 start-up. Dalam jangka waktu tertentu, setiap start-up akan dibimbing serta dievaluasi mengenai perkembangannya. Apakah sudah sejalan dengan tujuan dari Asian Development Bank atau belum.

Lokasoka juga memiliki banyak rencana ke depannya untuk scale up menjadi start-up yang lebih besar dan stabil. Lokasoka akan meluncurkan produk-produk eco-friendly dari limbah sawit dan limbah kain serta produk masyarakat adat. Bukan hanya itu berbagai top product dari Lokasoka juga akan dilakukan redesain untuk menghasilkan new product dengan prinsip-prinsip sustainable.

Daftar Peserta Program Inkubasi PRIMESTeP Tahun 2023

Banyak bidang usaha yang terpilih menjadi tenant PRIMESTeP x ADB 2023. Mulai dari bidang usaha Teknologi dan Informasi, Pangan, hingga Kesehatan. Berikut ini daftar peserta Program Inkubasi PRIMESTeP Tahun 2023 beserta produk atau jasa yang dihasilkan:

1 Lokasoka.com – Platform ekosistem bisnis UMKM untuk pasar B2B

2 Female in Action Apps – Aplikasi untuk kesehatan mental perempuan

3 Cleansheet – Aplikasi layanan jasa kebersihan berbasis pemberdayaan

4 Pelita Desa – Ekspor tanaman hias dan produk pertanian 

5 Mugio – Tepung premiks vegan & gluten-free aneka varian

6 Biomagg – 1) maggot (maggfeed): pakan ternak berprotein tinggi; 2) pupuk organik (kupupuk): pupuk organik 

Baca juga:  Lokasoka Goes To Kalimantan: FGD Bersama PLUT KalBar dan Universitas Tanjung Pura

7 Fishlog – Inventory Visibility & Inventory Traceability 

8 Nectars – Skincare dan Kosmetik Berbasis tanaman

9 ARAE – Fashion ecoprinting dan pewarna alam

10 SanGreat – Natural home pest control tanpa racun

11 KUI – Keripik kulit ikan salmon

12 Bensfarm – Penggemukan domba dan layanan aqiqah

13 Wain – Teh celup herbal untuk penyakit tidak menular

14 TOP SEO – Kerjasama digital marketing until closing 

Penutup

Baca News Updated dari Lokasoka lainnya seperti Platform Lokasoka Kini Tersedia dalam 5 Bahasa yang Berbeda, Ciptakan Potensi Pasar Internasional yang Semakin Luas. Kini Lokasoka akan terus melebarkan market-nya di dunia global. Mari dukung bertumbuh-kembangnya perekonomian lokal melalui platform ini.

Kunjungi website Lokasoka sekarang juga untuk mengklaim berbagai promo menarik seperti gratis ongkir maupun pembuatan sampel secara gratis. Anda dapat mempertimbangkan top product favorit B2B maupun B2G, seperti aneka tas (tas ransel, pouch, goodie bag) maupun non-tas (botol tumbler, seragam, payung, kalender). Mari sama-sama merawat karya lokal, menjawab tantangan global melalui #LokaLestari.

Scroll to Top
Hotline (09.00-16.00)
Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan tim kami melalui chat